Pengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSURE

Main Author: WULANDARI, Hestik
Other Authors: UMAMAH, Nurul, PUJI, Rully Putri Nirmala
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99872
ctrlnum 123456789-99872
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSURE</title><creator>WULANDARI, Hestik</creator><contributor>UMAMAH, Nurul</contributor><contributor>PUJI, Rully Putri Nirmala</contributor><subject>E-BOOK</subject><subject>SEJARAH INDONESIA</subject><subject>PESERTA DIDIK</subject><description>Pembelajaran sejarah yang berdasarkan kurikulum 2013 bertujuan untuk&#xD; memberikan pengetahuan tentang bangsa serta kemampuan dalam&#xD; mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat, dan bangsa.&#xD; Rangkaian peristiwa sejarah mengandung nilai karakter yang menjadi kekuatan&#xD; penentu nasib Indonesia di kemudian hari. Salah satunya karakter kemandirian&#xD; yang dijadikan pelindung dari kemorosotan moral remaja. Berdasarkan data&#xD; lapangan pada 3 SMA Negeri di Kabupaten Jember diketahui beberapa&#xD; permasalahan yang dihadapi diantaranya: (1) belum maksimalnya implementasi&#xD; kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran sejarah terutama pengembangan materi;&#xD; (2) terbatasnya bahan ajar tentang materi nilai Sumpah Pemuda dan maknanya&#xD; bagi kehidupan masa kini. Terbukti dari hasil kemampuan awal menunjukkan&#xD; 36% peserta didik mengetahui materi dan 64% tidak mengetahui materi tersebut;&#xD; (3) rendahnya kemandirian peserta didik kelas XI yang hanya mencapai nilai&#xD; 54%-56%, sehingga peserta didik memiliki tingkat kemandirian kurang baik.&#xD; Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam&#xD; penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-book Sejarah&#xD; Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE?; dan (2)&#xD; Bagaimana pengembangan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning&#xD; menggunakan model ASSURE dapat meningkatkan kemandirian peserta didik?.&#xD; Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-book Sejarah&#xD; Indonesia berbasis discovery learning yang tervalidasi ahli isi bidang studi, ahli&#xD; bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan e-book Sejarah&#xD; Indonesia berbasis discovery learning yang mampu meningkatkan kemandirian&#xD; peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau reseach and&#xD; development menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari&#xD; analyze learner characteristic, state performance objective, select methods,&#xD; media, and materials, utilize materials, requires leaner participation, dan&#xD; evaluate dan revize. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik&#xD; dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan&#xD; pendidik mata pelajaran sejarah dan 40 peserta didik kelas XI SMAN 1 Jember.&#xD; Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil validasi berturut-turut menunjukkan: (1) ahli isi bidang studi&#xD; memperoleh nilai 78% masuk kriteria &#x201C;baik&#x201D;, (2) ahli bahasa memperoleh nilai&#xD; 90% masuk kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D;, dan (3) ahli desain memperoleh nilai 83%&#xD; masuk kriteria &#x201C;baik&#x201D;. Hasil uji pengguna pendidik dan peserta didik mendapatkan&#xD; nilai 89% dan 86% masuk kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D;. Hasil uji coba menunjukkan: (1)&#xD; uji coba kelompok kecil sebelum penggunaan e-book Sejarah Indonesia berbasis&#xD; discovery learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,31 dan setelah&#xD; penggunaan nilainya sebesar 82,05, sehingga terjadi peningkatan kemandirian&#xD; yakni P &lt; 0.000; df = 12; t = -10.2 dengan selisih perbedaan antara sebelum dan&#xD; setelah senilai -17.9 dengan gain score sebesar 0,5 yang masuk kriteria&#xD; &#x201C;peningkatan sedang&#x201D;; dan (2) uji coba lapangan sebelum penggunaan e-book&#xD; Sejarah Indonesia berbasis discovery learning memperoleh nilai rata-rata sebesar&#xD; 53,49 dan setelah penggunaan nilainya sebesar 82,61, sehingga terjadi&#xD; peningkatan kemandirian yakni P &lt; 0.000; df = 26; t = -23.6 dengan selisih&#xD; perbedaan antara sebelum dan setelah senilai -28.9 dengan gain score sebesar 0,6&#xD; yang masuk kriteria &#x201C;peningkatan sedang&#x201D;. Berdasarkan hasil penelitian dan&#xD; pengembangan diambil kesimpulan: (1) e-book Sejarah Indonesia berbasis&#xD; discovery learning telah tervalidasi ahli dan layak digunakan sebagai sumber&#xD; belajar sejarah kelas XI SMA dan (2) e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery&#xD; learning berhasil meningkatkan kemandirian peserta didik. Pendidik diharapkan&#xD; mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif melalui penggunaan e-book&#xD; Sejarah Indonesia berbasis discovery learning, sehingga mampu mencapai tujuan&#xD; pembelajaran yang telah diterapkan.</description><date>2020-07-22T03:37:12Z</date><date>2020-07-22T03:37:12Z</date><date>2019-04-10</date><type>Thesis:Thesis</type><identifier>NIM 150210302058</identifier><identifier>http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99872</identifier><identifier>Pendidikan Sejarah</identifier><identifier>0210302</identifier><language>ind</language><type>File:application/pdf</type><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><recordID>123456789-99872</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
File:application/pdf
File
author WULANDARI, Hestik
author2 UMAMAH, Nurul
PUJI, Rully Putri Nirmala
title Pengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSURE
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2020
isbn 150210302058
topic E-BOOK
SEJARAH INDONESIA
PESERTA DIDIK
url http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99872
contents Pembelajaran sejarah yang berdasarkan kurikulum 2013 bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bangsa serta kemampuan dalam mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat, dan bangsa. Rangkaian peristiwa sejarah mengandung nilai karakter yang menjadi kekuatan penentu nasib Indonesia di kemudian hari. Salah satunya karakter kemandirian yang dijadikan pelindung dari kemorosotan moral remaja. Berdasarkan data lapangan pada 3 SMA Negeri di Kabupaten Jember diketahui beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya: (1) belum maksimalnya implementasi kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran sejarah terutama pengembangan materi; (2) terbatasnya bahan ajar tentang materi nilai Sumpah Pemuda dan maknanya bagi kehidupan masa kini. Terbukti dari hasil kemampuan awal menunjukkan 36% peserta didik mengetahui materi dan 64% tidak mengetahui materi tersebut; (3) rendahnya kemandirian peserta didik kelas XI yang hanya mencapai nilai 54%-56%, sehingga peserta didik memiliki tingkat kemandirian kurang baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE?; dan (2) Bagaimana pengembangan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE dapat meningkatkan kemandirian peserta didik?. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning yang tervalidasi ahli isi bidang studi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning yang mampu meningkatkan kemandirian peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau reseach and development menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari analyze learner characteristic, state performance objective, select methods, media, and materials, utilize materials, requires leaner participation, dan evaluate dan revize. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan pendidik mata pelajaran sejarah dan 40 peserta didik kelas XI SMAN 1 Jember. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi berturut-turut menunjukkan: (1) ahli isi bidang studi memperoleh nilai 78% masuk kriteria “baik”, (2) ahli bahasa memperoleh nilai 90% masuk kriteria “sangat baik”, dan (3) ahli desain memperoleh nilai 83% masuk kriteria “baik”. Hasil uji pengguna pendidik dan peserta didik mendapatkan nilai 89% dan 86% masuk kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba menunjukkan: (1) uji coba kelompok kecil sebelum penggunaan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,31 dan setelah penggunaan nilainya sebesar 82,05, sehingga terjadi peningkatan kemandirian yakni P < 0.000; df = 12; t = -10.2 dengan selisih perbedaan antara sebelum dan setelah senilai -17.9 dengan gain score sebesar 0,5 yang masuk kriteria “peningkatan sedang”; dan (2) uji coba lapangan sebelum penggunaan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,49 dan setelah penggunaan nilainya sebesar 82,61, sehingga terjadi peningkatan kemandirian yakni P < 0.000; df = 26; t = -23.6 dengan selisih perbedaan antara sebelum dan setelah senilai -28.9 dengan gain score sebesar 0,6 yang masuk kriteria “peningkatan sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diambil kesimpulan: (1) e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning telah tervalidasi ahli dan layak digunakan sebagai sumber belajar sejarah kelas XI SMA dan (2) e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning berhasil meningkatkan kemandirian peserta didik. Pendidik diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif melalui penggunaan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah diterapkan.
id IOS3316.123456789-99872
institution Universitas Jember
institution_id 63
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Jember
library_id 516
collection Tesis S1 Universitas Jember
repository_id 3316
subject_area Arsitektur
Astronomi
Biografi
city JEMBER
province JAWA TIMUR
repoId IOS3316
first_indexed 2023-02-27T03:25:36Z
last_indexed 2023-05-17T00:06:12Z
recordtype dc
_version_ 1766099711703384064
score 17.13294