PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS VI SDN CURAHNONGKO 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Main Author: Mashudi
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9510
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui metode diskusi kelompok menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA metode diskusi kelompok dengan menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus yang dilakukan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas siswa mencapai 65,44% dan berada pada kategori aktif. Pada Siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 68,87% dan berada pada kategori aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I sebesar 76,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,3%. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.