PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
Main Author: | ERI DWI CAHYONO |
---|---|
Format: | Lainnya |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8725 |
Daftar Isi:
- Banyak cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan ritel dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggannya. Salah satu caranya adalah adalah ragam produk yang disediakan oleh pemilik ritel. Oleh karena itu, pemilik ritel harus membuat keputusan yang tepat mengenai keragaman produk yang dijual, karena dengan adanya macam-macam produk dalam arti produk yang lengkap mulai dari merk, ukuran, kualitas dan ketersediaan produk. Dengan adanya keragaman produk yang baik maka akan memudahkan konsumen dalam memilih dan membeli berbagai macam produk sesuai dengan keinginan mereka. Disamping memperhatikan keragaman produk perusahaan yang bergerak dibidang retail harus juga berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik, sebab pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu cara untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Pelayanan harus diperhatikan karena dalam memilih suatu produk atau jasa konsumen selalu berupaya untuk memaksimalkan nilai peayanan yang dirasakan Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah variabel keragaman produk dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Indomaret Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2012, dan variabel manakah diantara keragaman produk dan pelayanan yang memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas konsumen pada Indomaret Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2012. Teori yang digunakan sehubungan dengan keragaman produk yaitu variasi merek produk, ukuran kemasan produk dan kualitas produk sedangkan untuk teori indikator pelayanan yaitu teori yang menyatakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan Hasil pengujian dengan uji F menunjukkan bahwa keragaman produk dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Indomaret Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2012. Koefisien determinasi