KETEPATAN PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN PENDIDIK PAUD DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2011

Main Author: FADLI HASAN
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/863
Daftar Isi:
  • Media merupakan salah satu alat bantu (perantara) atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan yang bertujuan merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian seseorang maupun kelompok agar proses belajar terjadi. Dimana penggunaan media pada pelatihan pendidik PAUD di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bondowoso dapat membantu dan memudahkan pemateri dalam menyampaikan isi materi. Sedangkan untuk peserta pelatihan dapat mempermudah memahami materi yang disampaikan dan memperjelas isi materi yang disampaikan oleh instruktur (pemateri). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana ketepatan penggunaan media komputer dalam proses pembelajaran pada pelatihan pendidik PAUD di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bondowoso . Daerah penelitian yang digunakan adalah di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso berdasarkan metode purposive. Subjek penelitian adalah penyelenggara pelatihan (Kepala UPTD SKB Bondowoso dan Pamong belajar) di Sanggar Kegiatan Belajar kabupaten Bondowoso yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarakan kriteria. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian non eksperimental dengan tekhnik analisis data deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa penggunaan media pelatihan yang digunakan pada pelatihan pendidik PAUD di UPTD SKB Kabupaten Bondowoso adalah tepat dan sesuai dengan tujuan pelatihan yang ingin dicapai.