PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS IV MI RIYADLUS SHOLIHIEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Syamsi, Riski
Format: Undergraduat Thesis
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73537
Daftar Isi:
  • Pembelajaran IPA menekankan pada pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis, bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Metode pembelajaran juga harus dipilih sesuai dengan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya penggunaan metode yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan metode Guided Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui memalui metode Guided Discovery pokok bahasan benda dan sifatnya kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.