PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DI KELAS IV SDN 01 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Main Author: | WIDYA RAKHMAWATI |
---|---|
Format: | Lainnya |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7075 |
Daftar Isi:
- Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus prosesnya dimulai dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data-data yang didapat dari observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif (dalam bentuk kata-kata). Data-data tersebut dikaji untuk mengetahui bagaimana tindakan guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan data-data dari tes pada siklus I dan siklus II dianalisis secara kuantitatif. Pembelajaran kontekstual dengan media miniatur yang diterapkan dalam penelitian ini terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 67% dan pada siklus II mencapai 84%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64% atau rerata 16 siswa dan pada siklus II mencapai 76% atau rerata 19 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam materi perkembangan teknologi komunikasi mencapai ketuntasan secara klasikal.