IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IVB SEMESTER 2 SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: Titie Dwimayanti
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
IPS
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7009
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II, dan hasil analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS berlangsung. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pokok bahasan perekonomian masyarakat pada dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal, sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan. Pelaksanaan siklus II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas, maka siklus II dilakukan sebagai pemantapan.