PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KESAMBIRAMPAK SITUBONDO MELALUI METODE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN KARTU BERCERITA

Main Author: Nura Lindah Purwaningrum
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6570
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Kesambirampak Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo, diikuti oleh semua siswa kelas IV SDN 2 Kesambirampak, yang terdiri dari 12 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variable penelitian ini ada dua yaitu metode concept sentence berbantuan kartu bercerita dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Data didapat dari siswa dan guru kelas IV SDN 2 Kesambirampak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Tahap pelaksanaan dibagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan langkah perencanaan, observasi, wawancara dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 2 Kesambirampak melalui metode concept sentence berbantuan kartu bercerita berjalan dengan baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa (34%), di siklus I meningkat menjadi 7 siswa (59,3%), di siklus II mencapai 9 siswa (91,7%).