PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: Moch Syarifuddin Ode
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6392
Daftar Isi:
  • Tujuan Dilakukan penelitian penelitian ini adalah 1). Untuk Meningkatan Aktivitas Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011” dan 2). Untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah bersifat kolaboratif yang didasarkan pada masalah yang muncul dalam Pembelajaran IPS di SDN Kepatihan 05 dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain Yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi melalui tahapan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,tes,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Jember yang dimulai pada tanggal 10 Mei 2011 sampai tanggal 18 Mei 2011 Kelas IV. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari presentase aktivitas belajar pra siklus sebesar 65,42% , siklus I 71,42% dan pada siklus II 75,08%. Sedangkan hasil belajar siswa pra siklus 51,42% , Siklus I sebesar 74,28% atau 26 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar dan pada siklus II sebesar 88,57% atau sebanyak 31 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar dari 35 jumlah siswa, selain itu dilihat dari rata-ratanya pada siklus 1 mencapai 71,85, sedangkan pada siklus II 76,28. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran Bagi guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran.