Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII G
Main Authors: | Muhammad Ziyad Falahi, Titik Sugiarti, Hobri |
---|---|
Format: | Article |
Terbitan: |
UNEJ
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63661 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan belajar dalam aplikasi studi kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMPN 7 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis sebuah McTaggart. Hasil analisis menunjukkan aktivitas individu siswa pada siklus 1 mencapai 72,29% dan siklus 2 mencapai 89,71%. Kegiatan kelompok siswa dalam siklus 1 mencapai 71,89% dan siklus 2 mencapai 93,88%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 56,82% dan siklus 2 mencapai 84,09%.