Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII G

Main Authors: Muhammad Ziyad Falahi, Titik Sugiarti, Hobri
Format: Article
Terbitan: UNEJ , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63661
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan belajar dalam aplikasi studi kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMPN 7 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis sebuah McTaggart. Hasil analisis menunjukkan aktivitas individu siswa pada siklus 1 mencapai 72,29% dan siklus 2 mencapai 89,71%. Kegiatan kelompok siswa dalam siklus 1 mencapai 71,89% dan siklus 2 mencapai 93,88%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 56,82% dan siklus 2 mencapai 84,09%.