Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory)Pada Pembelajaran Fisika Di SMP/MTs

Main Authors: Fitriya S, Drs. Albertus Djoko Lesmono, . Albertus M.Si,, Sri Wahyuni, Sri S. Pd., M. Pd.
Format: Article
Terbitan: UNEJ , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62455
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan petunjuk praktikum yang memiliki validitas yang baik, mengetahui kinerja praktikum siswa dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum fisika yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan petunjuk praktikum fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan angket. Data hasil validasi logic yang diperoleh yaitu penilaian petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual sebesar 2,78 sehingga dapat dikategorikan baik dan layak digunakan untuk uji coba pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba pengembangan diperoleh bahwa kinerja praktikum siswa dengan menggunakan buku petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual, baik pada aspek kemampuan mengamati dan mencatat hasil praktikum maupun dari aspek kemampuan menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan dinyatakan baik. Motivasi belajar siswa secara classicalsebesar 92.45% sehingga siswa tergolong sangat termotivasi selama praktikum.