ANALISIS PENGARUH KOMPONEN PEMBENTUK INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BEI

Main Author: Clara Shinta Yossi Ananda
Format: Lainnya
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59424
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Komponen Pembentuk Intellectual Capital terhadap Nilai Pasar pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan kerangka Pulic dan data sekunder berupa data dari laporan keuangan yang telah diaudit dan harga saham dari delapan perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI tahun 2009 hingga 2012. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh komponen intellectual capital yaitu customer capital, human capital, dan structural capital terhadap nilai pasar dimana untuk mengukur komponen intellectual capital digunakan model Pulic yaitu VACA, VAHU, STVA dan untuk mengukur nilai pasar digunakan market to book ratio (MBR). Hasil dari penelitian ini yaitu customer capital (VACA) dan structural capital (STVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai pasar perusahaan telekomunikasi sedangkan human capital (VAHU) berpengaruh signifikan terhadap nilai pasar perusahaan telekomunikasi.