PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI POKOK BAHASAN CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN.RAMBIPUJI 01 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER
Main Author: | LORENCIA DINA ANGGRIANI |
---|---|
Format: | Lainnya |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5724 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA bagi sebagian besar siswa adalah pembelajaran yang menyulitkan. Pembelajaran IPA di kelas V SDN Rambipuji 01 selam ini hanya menggunakan pembelajaran konvensional, dengan guru sebagi pusat pembelajaran. Selama pembelajaran siswa tidak dilibatkan secara langsung. Siswa selama pembelajaran bosan dan tidak terfokus pada pembalajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk : (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam kegiatan pembelajaran pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode demonstrasi. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Rambipuji 01 dengan cara mengukur ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambipuji 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember kelas V yang terdiri dari 39 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 18 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keterlibatan dalam diskusi, mencatat hasil demonstrasi dan berdiskusi menunjukkan peningkatan. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan kurang aktif dan pada siklus II meningkat pada kategori aktif dan sangat aktif. Hasil tes esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 48,7% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 74,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi cahaya dengan metode demonstrasi.