MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DISERTAI LEMBAR KERJA LAPANGAN (LKL) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

Main Author: Sakiinatus Sajadah
Format: Lainnya
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56464
Daftar Isi:
  • Dari analisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil pengujian Independent Samples T-test pada software SPSS 16 diperoleh P = 0,002 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP. Hasil analisis aktivitas belajar siswa termasuk dalam kriteria aktif dengan persentase rata-rata sebesar 79,43%. Hasil analisis retensi hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) sama tinggi dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) yaitu pada kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP, (2) aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) termasuk dalam kriteria aktif, dan (3) retensi hasil belajar fisika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) sama tinggi dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) yaitu pada kriteria sangat baik. Walaupun kriteria retensi hasil belajar kelas eksperimen sama tinggi dengan kelas kontrol, tetapi hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.