MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMUKMAS 03 JEMBER
Main Author: | Endah Restu Subekti |
---|---|
Format: | Lainnya |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56347 |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana yang dilakukan oleh peneliti dan praktisi (guru). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Penerapan media kartu gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri Gumukmas 03 Jember mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil karangan narasi pada tahap prasiklus siswa yang tidak mengalami ketuntasan hasil belajar sebanyak 14 siswa (78%) sedangkan siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar sebanyak 4 siswa (22%). Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi setelah dilakukan pembelajaran dengan penerapan media kartu gambar berseri pada siklus I yaitu siswa yang tidak mengalami ketuntasan hasil belajar sebanyak 6 siswa (33%) sedangkan siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar sebanyak 12 siswa (67%). Pada siklus II dan dengan dilakukannya perbaikan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 3 siswa (17%) sedangkan yang mengalami ketuntasan belajar 15 siswa (83%). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Gumukmas 03 Jember.