MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) SISWA KELAS III SDN DARSONO 02

Main Author: Erick Herdiansyah
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5040
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SDN Darsono 02 kelas III, yang terdiri dari 24 siswa, 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan hasil dari nilai ulangan harian. Pelaksanaan pembelajaran di kelas III dilaksanakan mulai tanggal 7 Februari 2011 sampai 16 Februari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Darsono 02 Jember. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian aktivitas siswa dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang . Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 67% dan hasil analisis tes individu siswa mencapai 79,76%. Pertemuan II, analisis aktivitas siswa mencapai 83% dan hasil analisis tes individu siswa mencapai 87,5%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 79,76% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas III, sedangkan disiklus II sebagai kegiatan pemantapan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%, sehingga peneliti menghentikan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Intruction (TAI). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan meningkatkan keterampilan dalam mengemukan pendapat antar sesama teman serta siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya.