PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORIAL, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: Dian Fadmawati
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4805
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase aktivitas siswa ( a p ) = 54,24%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan belajar sebesar 73,91% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2. Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( a p ) = 73,09%, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 82,61%, yang tergolong telah mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Ambulu Kabupaten Jember. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan SAVI sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di kelas, guru harus lebih selektif memilih materi materi yang cocok untuk pendekatan SAVI, agar hasil belajar yang dicapai maksimal maka guru harus mempersiapkan media pembelajaran dan bahan ajar secara tepat, guru lebih memberikan perhatian pada siswa yang kurang memahami materi, guru lebih menguasai empat komponen dalam pendekatan SAVI agar dapat mencapai hasil yang maksimal dan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru dan peneliti lain dalam mengembangkan pembelajaran di kelas.