PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN DALAM KEMASAN MEREK MINUTE MAID PULPY DI KOTA JEMBER
Main Author: | DITA MAHARUKMI |
---|---|
Format: | Lainnya |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4375 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Minuman Dalam Kemasan Merek Minute Maid Pulpy di Jember”. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah tahu bauran promosi dan pernah membeli minuman Minute Maid Pulpy” di kota Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 90 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Adapun variabel bauran promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian minuman merek Minute Maid Pulpy adalah advertising, personal selling, sales promotion, publicity, internet and direct marketing. Berdasarkan analisis data secara parsial yaitu advertising mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 0,126, personal selling tidak mempengaruhi keputusan pembelian karena bernilai negatif sebesar -0,150, sales promotion tidak mempengaruhi keputusan pembelian karena bernilai negatif sebesar sebesar 0,247, publicity tidak mempengaruhi keputusan pembelian karena bernilai negatif sebesar sebesar 0,102 , internet and direct marketing tidak mempengaruhi keputusan pembelian karena bernilai negatif sebesar sebesar -0,072 dan secara simultan pengaruh variabel promosi mempengaruhi hanya sebesar 11,3% Sedangkan sisanya sebesar 88,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini serta variabel bauran promosi yang paling dominan adalah advertising. Berdasarkan analisis diatas maka perusahaan dapat meningkatkan strategi bauran promosi agar meningkatkan penjualan minuman Minute Maid Pulpy.