NGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA POKOK BAHASAN ENERGI DI SMP

Main Author: Binar Kurnia Prahani
Format: Lainnya
Terbitan: , 2014
Subjects:
ICT
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26028
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII SMP Negeri 1 Tegaldlimo kabupaten Banyuwangi, peneliti memperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan perangkat pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Proses pembelajaran di kelas sudah berjalan dengan baik dengan dilengkapi buku pegangan untuk siswa yaitu buku PR Fisika SMP dan sudah digunakan saat pembelajaran di kelas. Menurut siswa buku pegangan berupa PR Fisika SMP tersebut sulit dimengerti, materi yang disajikan tidak lengkap dan soal yang disajikan terlalu sulit. Pemanfaatan laboratorium ICT belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Information and Communication Technology (ICT) adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. Perangkat pembelajaran adalah perangkat yang digunakan selama proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang dihasilkan meliputi, yaitu: silabus; rencana pelaksanaan pembelajaran; lembar kegiatan siswa; buku ajar siswa; instrumen evaluasi dan media pembelajaran ICT. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang valid dan mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang dikembangkan.