Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi dengan Menggunakan Media Miniatur Alat Transportasi pada Siswa Kelas IV SDN Wirowongso 02 Ajung Jember Tahun Ajaran 2010/2011

Main Author: Elmy Agustina Damayanti
Format: Lainnya
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22548
Daftar Isi:
  • IPS adalah mata pelajaran yang menekankan pada peranan keilmuan, baik teori maupun terapan, kepribadian dan unsur-unsur kehidupan melalui proses belajar dan melihat realita dalam membentuk kepribadian yang utuh secara universal dan menyeluruh (Depdiknas, 2004: 112). IPS berpusat pada pembahasan tentang manusia, yaitu memperkenalkan kepada siswa bahwa manusia dalam hidup bersama dituntut tanggung jawab sosial. Pembelajaran IPS di SDN Wirowongso masih monoton, tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Sehingga peneliti menggunakan media miniatur, agar guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pada siswa dan siswa lebih mudah memahami materi yang disajikan oleh guru. Selain itu, media miniatur juga dapat menarik perhatian siswa pada pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan dalam penelitian ini mencakup ”bagaimanakah penggunaan media miniatur alat transportasi dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SDN Wirowongso 02”. Tujuan penelitian ini adalah untuk ”meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan menggunakan miniatur alat transportasi pada siswa kelas IV SDN Wirowongso 02”.