MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN LKS INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-TPHP SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER

Main Author: Izzatun Haniyah, Mirisa
Format: Thesis
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1491
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan Puger tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas guru dan skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus 1, siklus 2, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar fisika siswa dengan model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 13,59% yang termasuk dalam kriteria sangat kurang aktif. Pada siklus 1 aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 73,42% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 2 aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 82,14% yang termasuk dalam kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50%. Pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 76,67%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 93,33%. Dari hasil di atas menunjukkan model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar dan lebih memahami konsep.