PENGARUH MODEL PROBLEM POSING TIPE SEMI TERSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 3 JEMBER

Main Author: EKO NURANI SETIAWAN
Format: Lainnya
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13638
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengkaji pengaruh hasil belajar fisika siswa menggunakan model problem posing tipe semi terstruktur dalam pembelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 3 Jember. Dan untuk mengkaji aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model problem posing tipe semi terstruktur dalam pembelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Post-Test Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk membuktikan pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember. Analisis data kognitif produk diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar Fisika kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember. analisis data kognitif produk diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran terdapat pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas belajar Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1). Ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember. (2). Ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember.