PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) PADA POKOK BAHASAN METABOLISME KARBOHIDRAT KELAS XII SMA
Main Author: | Dian Eka Aprilia Fitria Ningrum |
---|---|
Format: | Lainnya |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13358 |
Daftar Isi:
- Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMA di Kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Jember, SMAN Ambulu, dan SMAN Arjasa. Berdasarkan hasil validasi, diketahui rata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator. Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan dengan 9 orang siswa kelas XII yang sebelumnya pernah mendapatkan materi metabolisme karbohidrat. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sedangkan hanya 23,81% yang tidak merespon positif. Artinya siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas maka dapat dikatakan bahwa buku siswa yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan telah mengulas materi metabolisme karbohidrat secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi dan revisi hingga bahan ajar dikatakan valid.