Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Research Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Kombinatorial Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah R-Dynamic Local Irregularity Vertex Coloring Pada Graf Khusus

Main Author: MAYLISA, Ika Nur
Other Authors: DAFIK, HADI, Alfian Futuhul
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102633
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang mampu mengembangkan potensi diri siswa sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran ini tentunya melibatkan pendidik dan peserta didik. Oleh karenanya, pendidikan tidak lepas dari kedua unsur tersebut. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered learning) berbeda dengan pembelajaran konvensional yang berpusat pada pendidik (teacher centered learning). Ini menunjukkan bahwa keduanya mempunyai pendekatan berbeda dalam isi, instruksi, lingkungan kelas, penilaian maupun teknologi yang digunakan. Untuk itu, dalam penelitian ini dibahas tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang berdasarkan research based learning dan mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan kombinatorial mahasiswa dalam menyelesaikan masalah local irregularity vertex coloring r-dynamic pada graf khusus. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D, yaitu meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan tahap penyebaran. Pada penelitian ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat graf baru pada kajian rdynamic local irregularity vertex coloring dan menentukan kardinalitas serta fungsi pewarnaan titiknya. Berdasarkan hasil validasi dari kedua validator, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid karena menunjukkan koefisien validitas satuan acara perkuliahan 3,79, lembar kerja mahasiswa 3,80, dan tes aktivitas riset 3,83. Dengan demikian,semua perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan peneliti dapat dikatakan valid. Sedangkan dari hasil uji coba perangkat pembelajaran yang telah dilakukan, dapat diketahui pula bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dan efektif. Berdasarkan x penilaian pengamatan aktivitas dosen, pada pertemuan pertama 89% dengan kategori baik dan pada pertemuan kedua 86% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas dosen mencapai 87,50% baik atau sehingga dikategorikan praktis. Sedangkan hasil respon mahasiswa yang memberi respon positif mencapai 90%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa telah memberikan respon baik terhadap proses pembelajaran dan penggunaan perangkat dari hasil pengembangan peneliti. Hasil validasi dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga perangkat pembelajaran ini dapat dikategorikan baik. Oleh karena itu, dosen pengampu matakuliah kombinatorika atau matematika diskrit dapat menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan ini. Berdasarkan hasil t-test juga diketahui bahwa pembelajaran menggunakan perangkat berbasis research based learning lebih unggul daripada pembelajaran konvensional yang tidak menggunakan perangkat tersebut.