Pengaruh Konsumsi Sari Jahe Terhadap Perlindungan Limfosit dari Stres Oksidatif Pada Mahasiswa Pondok Pesantren Ulil Al Baab di Bogor
Tersimpan di:
Main Author: | Nurrahman |
---|---|
Terbitan: |
IPB (Bogor Agricultural University)
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/22179 |
Daftar Isi:
- Khasiat jahe yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dimunglcinlcan karena jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh melalui stimulasi respon immunologik. Jahe diduga mempunyai lcomponen bioaktif yang dapat menstimulasi proliferasi sel limfosit mencit secara in vitro (Darsana, 1995). Sifat lain yang dimiliki oleh komponen bioaktif jahe adalah antioksidan. Itomponen antioksidan ini dapat menetralisir reaktivitas dari "reactive oxygen species" (ROS). Dengan demikian jahe dapat melindungi kerusakan sel dari stres oksidatif. Dengan mengkonsumsi jahe setiap hari dalam bentuk minuman dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.
Lihat Juga
-
Dampak Keberadaan Pondok Pesantren Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat: Studi Kasus di Pondok Pesantren Ulil Al Baab NW Gegek Lombok Timur
oleh: Fitriana, Umiatul
Terbitan: (2019) -
Abdullah, Abdurrahman Saleh. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran.
Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
Abdullah, Faisal. Bakat dan Kreativitas. Palembang: Noer Fikri Offset, 2008.
Abdurrahmansyah, Adida Igandi, dan Syarifah. “Pengaruh Metode Problem Solving
terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1
Sanga Desa.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains 8, no. 2
(2019): 103-112.
Adminstrator, "Visi dan Misi", diakses dari https://www.man2palembang.sch.id,
Tanggal 2 Mei 2020, pukul 15.00 WIB.
Adminstrator. “Sejarah Singkat.” diakses dari https://www.man2palembang.sch.id,
pada tanggal 2 Mei 2020, pukul 14.40 WIB.
Ahmadi, Abu dan WidodoSupriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta,
2013.
Al-Mubarakfuri, Syaikh Syafiyyurrahman. Tafsir Ibnu Katsir. Dialihbahasakan:Abu
Ihsan al-Atsari. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2016.
Amri, Sofan. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013.
Annur, Saiful. Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: IAIN Raden Fatah
Press, 2008.
Ansyar, Mohammad. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan.
Jakarta: Kencana, 2017.
Anwar, Bakri. “Model Pembelajaran Metaphorming.” Shaut Al-Arabiyah 7, no. 1
(2019): 78-90.
Asrori, M. Perkembangan Peserta Didik: Pengembangan Pedagogis Guru.
Yogyakarta: Media Akademi, 2015.
Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir. Dialihbahasakan: Abdul Hayyie al Katani,
dkk. Jakarta: Gema Insani Press, 2013.
———. Tafsir Al-Wasith. Dialihbahasakan: Muhtadi. Depok: Gema Insani, 2012.Aziz, Rahmat. Psikologi Pendidikan: Model Pengembangan Kreativitas dalam
Praktik Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press, 2014.
Craft, Anna. Membangun Kreativitas Anak. Dialihbahasakan: M. Chairul Annam
Depok: Inisiasi Press, 2000.
Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga,
2011.
Darwis, Amri. Metode Penelitian Pendidikan Islam: Pengembangan Ilmu
Berparadigma Islami. Jakarta: Rajagrafindo Pesada, 2014.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2010.
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2017.
Djamarah, Syaiful Bahar. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:
Rineka Cipta, 2014.
Dokumentasi Tata Usaha MAN 2 Palembang.
Faqih, Allamah Kamal, Dkk. Nur Al-Quran: An Enlightening Commentary into the
Light of the Holy Quran. Dialihbahasakan: R. Hikmat Danaatmaja. Jakarta: AlHuda, 2003.
Handayani, Hesti, Yemi Kuswardi, Rubono Setiawan. “Upaya Meningkatkan
Pemahaman Konsep Matematika dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi
Logaritma melalui Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming dengan
Strategi Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) di
Kelas X SMA Al-Islam 1 Sur.” Pendidikan Matematika dan Matematika
(JPMM) Solusi 1 (2017): 42-50.
Hasil Observasi di MAN 2 Palembang,Tanggal 27 Juli - 7 September 2019 Pukul
10.00 WIB.
Hergenhahn, B.R dan Matthew H. Olson. Theories of Learning. Dialihbahasakan:
Triwibowo. Jakarta: Kencana, 2008.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2107.Isrok’atun dan Amelia Rosmala. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:
Bumi Aksara, 2018.
Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan
Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Dialihbahasakan: Ibnu
SetiawanBandung: Kaifa, 2014.
Joyce, Bruce, Marsha Weil, dan Emily Calhoun. Models of Teaching.
Dialihbahasakan: Achmad Fawaid dan Ateilla MirzaYogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2011.
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Megawati, Fitria Wulandari dan Fika. Penerapan Model Pembelajaran
Metaphorming untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PGSD. Sidoarjo:
Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Sidoarjo, 2017.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2017.
Muliawan, Jasa Ungguh. Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Anak.
Yogyakarta: Gava Media, 2016.
Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta:
Grasindo, 1985.
———. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Nata, Abudin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Noer, Sri Hastuti. Desain Pembelajaran Matematika: untuk Mahasiswa Program
Studi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018.
Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Pers, 2016.
Nurlaila. Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: UIN Raden Fatah, 2017.
Nursobah, Ahmad Tafsir dan Asep. Filsafat dan Metode Berpikir. Jakarta:
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009.
Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,
1982.Priansani, Donni Juni. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung:
Pustaka Setia, 2017.
Pratama, Irja Putra dan AristhophanFirdaus. “Penerapan Kurikulum Terpadu sebagai
Model Pembinaan Karakter Siswa (Studi di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga
Inderalaya).” Tadrib 5, no. 2 (2019): 217-233.
Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana, 2017.
Salahudin, Anas dan IrwantoAlkrienciehie. Pendidikan Karakter (Pendidikan
Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum
2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Santrock, John W. Educational Psychology. Dialihbahasakan: Tri Wibowo. Jakarta:
Kencana, 2015.
Sari, Eliza Ulva dan An Nur AmiWidodo. “Efektivitas Model Pembelajaran
Metaphorming Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Matematis pada Pokok Bahasan Perbandingan Trigonometri Sudut
Berelasi.” Dialektika: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 6 (2019): 220-233.
Sani, Ridwan Abdullah dan Sudiran. Penelitian Tindakan Kelas: Pengembangan
Profesi Guru. Tangerang: Tira Smart, 2017.
Setiawan, Windi. “Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa dalam
Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif.” Kreano 7, no.
2 (2016): 208-216.
Siller, Todd. Think Like A Genius. New York: Bantam Books, 1996.
Sitepu, B. P. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Slemato. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta,
2015.
Sudarma, Momon. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta:
Rajagrafindo Persada, 2016.
Sudjana. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito, 2005.Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods).
Bandung: Alfabeta, 2015.
———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Sukardi, Ismail. Model-Model Pembelajaran Modern: Bekal untuk Guru Profesional.
Palembang: Noer Fikri Offset, 2015.
Sukardi, M. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan
Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Sunito, Indira, dkk Metaphorming: Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta:
Indeks, 2013.
Sunyono. Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase
dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi, Imajinasi, Internalisasi, dan
Evaluasi. Yogyakarta: Media Akademi, 2015.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Syafril. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia, 2019.
Syarifuddin, Amir. Garis-Garis Besar Fiqh. Jakarta: Kencana, 2013.
Syarnubi. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk
Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan.” Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-
103.
Tafsir, Ahmad dan Asep Nursobah, Filsafat dan Metode Berpikir. Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI. 2009.
Tim Penyusun. Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi Program Sarjana:
Program Studi Pendidikan Agama Islam. Palembang: IAIN Press, 2016.
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo
Persada, 2011.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Trianto dan Hadi Suseno. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah
Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Depok: Kencana, 2017.Tirtarahardjo, Umar dan La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta,
2010.
Wawancara dengan Nelly Efrina, M.Pd selaku Waka Madrasah BidangHumasMAN 2
Palembang 5 Agustus 2020 Pukul 13.00 WIB.
Widoyoko, S. Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2017.
Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi.
Jakarta: Prenadamedia, 2014.
Zainsyah, A.E. Model-Model Mengajar. Bandung: Diponegoro, 1990.
oleh: NURRAHMAN, NURRAHMAN
Terbitan: (2020) -
Dampak penggunaan internet terhadap proses pengembangan pengetahuan santri di pondok pesantren Al-Amin Ngasinan Rejomulyo kota Kediri
oleh: Ulil Fahmi
Terbitan: (2012) -
PENGARUH MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP TINGKAT STRES SELAMA UJIAN IDENTIFIKASI ANATOMI - Studi Eksperimental pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung
oleh: Abshor, Muhammad Rifqi Ulil
Terbitan: (2016) -
Pesantren Mahasiswa : telaah terhadap sistem pendidikan pesantren ulil al-baab universitas ibnu khaldun bogor
oleh: SETIAWAN, Muhammad Fajar