Strategi Bisnis Terasku Florist Dengan Pendekatan Business Model Canvas

Main Author: Sarifah, Desita
Other Authors: Hermawan, Aji, Dewi, Febriantina
Format: Undergraduate Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: IPB University , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102487
Daftar Isi:
  • Terasku Florist merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang industri kreatif florikultura yaitu sebuah jasa merangkai bunga. Terasku Florist mengalami dinamika lingkungan usaha sehingga membutuhkan strategi bisnis yang baru untuk menghadapi kondisi pasar yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dan mengevaluasi model bisnis, serta mengusulkan Bussiness Model Canvas (BMC) perbaikan Terasku Florist. Penelitian ini menggunakan metode BMC dan Matriks SWOT dengan menggunakan analisis deskriptif yang menghasilkan rumusan strategi untuk merancang perbaikan model bisnis pada Terasku Florist. Hasil rumusan strategi yang diperoleh dari Matriks SWOT ialah strategi bisnis yang baru yaitu meningktakan teknik baru dalam membuat desain bunga yang memiliki suatu ciri khas khusus, menjalin kerjsama dengan berbagai pemasok untuk mencari bahan baku bunga yang berkualitas dan variasi bunga yang beragam, menambahkan saluran penjualan baru di media online dengan membuat suatu pemasaran yang menarik dan informatif, dan menambahkan SDM yang kompeten. Strategi bisnis baru tersebut berdampak pada implikasi penambahan usulan aspek baru pada setiap elemen Business Model Canvas perbaikan.