Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Muslim Terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal MUI (Studi Kasus Kota Bogor)

Main Author: Khansa, Luthfi
Other Authors: Ayyubi, Salahuddin El
Format: Undergraduate Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: IPB University , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101113
Daftar Isi:
  • Seluruh produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia harus terjamin kehalalannya dan memiliki sertifikat halal tidak terkecuali produk kosmetik. Kosmetik saat ini telah digunakan oleh remaja wanita atau generasi Z. Produk kosmetik yang beredar di Indonesia sangat banyak tetapi tidak semua memiliki label halal MUI. Pada tahun 2018 jumlah produk kosmetik yang sudah berlabel halal hanya sebanyak 2 115 produk dari 49 557 produk kosmetik yang telah mendapat izin edar dari BPOM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik generasi Z dan mengetahui faktorfaktor yang memengaruhi keputusan pembelian generasi Z muslim terhadap produk kosmetik berlabel halal. Penelitian dilakukan di Kota Bogor dengan mengambil sampel sebanyak 70 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan halal, halal awareness, dan media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian generasi Z muslim terhadap produk kosmetik berlabel halal.