Evaluasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Aspek Afektif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA (Negeri/Swasta) Sekota Depok

Main Authors: Kusnadi, Asep, Watini, Watini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP3M STAI Madinatul Ilmi , 2017
Subjects:
Online Access: http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/13
http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/13/14
Daftar Isi:
  • Berdasarkan opini masyarakat khususnya dunia pendidikan, saat ini di lingkungan sekolah telah terjadi pengabaian pengembangan sikap, dalam implementasi Kurikulum 2013, di dalamnya terdapat perubahan pada sederetan penataan terhadap Standar Nasional Pendidikan yaitu, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.Beberapa kegiatan menyimpulkan: (1) imtaq dan tadarus dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami Alquran; (2) menghafal surat-surat pendek Juz 30; (3) menghafal asmaulhusna; (4). berdoa sebelum belajar; (5) menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap Senin pagi; (6) membiasakan salat duha; (7) puasa sunah khususnya Senin dan Kamis; (8) salat Zuhur berjamaah; (9) pengajian rutin khusus di setiap SMA Kota Depok; (10) kegiatan bimbingan rohani Islam; (11) kegiatan peringatan- peringatan Hari Besar Islam seperti memperingati Maulid Nabi, Isra’ Mikraj, penyelenggaraan salat Idul Adha berjamaah dan ceramah idul Adha, dan (12) bertakziah yang dapat membangun sikap spiritual siswa; (13) kegiatan bakti sosial yang dapat membentuk rasa peduli siswa seperti saling membantu dengan mengunjungi panti-panti santunan anak yatim, memberikan daging kurban bagi masyarakat setempat yang kurang mampu.