Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Langkah-Langkah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cisarua)
Main Author: | Kusnadi, Asep |
---|---|
Other Authors: | LP2M STAI Madinatul Ilmi |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP3M STAI Madinatul Ilmi
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/1 http://journal.staimi-depok.ac.id/index.php/safina/article/view/1/1 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang mengharus- kan setiap langkah dari proses pembelajaran bersifat ilmiah, berbasis fakta dan empiris. Selain itu, pendekatan saintifik juga menekankan adanya penekanan pada peningkatan ke terampilan menalar peserta didik. Namun dalam Pendidikan Agama Islam yang berkarak- teristik doktrinal, juga harus menggunakan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013. Meskipun demikian, Pendidikan Agama Islam tidak hanya bersifat doktrinal, Pendidikan Agama Islam juga bisa dipelajari dengan pendekatan saintifik. SMA Negeri 1 Cisarua adalah sekolah yang menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada tahun ajaran 2014/2015. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 dinamai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam langkahlangkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMA Negeri 1 Cisarua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Setelah analisis data dilakukan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari pe- nelitian ini adalah langkahlangkah pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Cisarua disesuaikan dengan materi pokok dan kondisi peserta didik. Langkahlangkah tersebut adalah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/mengo- lah data/menalar, mencoba dan mengkomunikasikan.