Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Pagak

Main Author: setiana .; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/9486
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Setiana. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Pagak. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos, Msi.(II) Drs. H. Achmad Ali Wafa. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Ekonomi di SMA Negeri 1 Pagak diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran ekonomi masih menggunakan metode ceramah yang cenderung berpusat pada guru (teacher centered). Metode ceramah yang digunakan guru kurang menarik minat siswa yang berakibat siswa menjadi tergantug pada guru dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar masih kurang sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa kalas X-5 pada mata pelajaran ekonomi masih kurang maksimal (kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM).Sehubungan dengan hal tersebut maka guru harus memperbaiki model pembelajaran yang digunakan agar siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar sehingga hasil belajarnya dapat meningkat dan memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses belajar mengajar dikelas X-5 SMA Negeri 1 Pagak adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT). Melalui pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) para siswa aktif bekerja sama yang dimulai dengan penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, dan pemberian jawaban. Pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) juga dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif dalam struktur kelas tradisional. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pagak. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri I Pagak, mata pelajaran Ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model Numberad Head Together (NHT). (3) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri I Pagak, mata pelajaran Ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model Numberad Head Together (NHT) Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri pagak dengan jumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Data penelitian berupa hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif yang diperoleh dalam 2 siklus. Data hasil belajar kognitif deperoleh dari hasil tes yang dilakukan setiap siklus sedangkan hasil belajar aspek afektif diperoleh melalui observasi langsung selama tindakan diberikan dengan menggunakan rubrik penilaian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif menujukan nilai rata-rata siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Pagak adalah 70,59 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,8% pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,4%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 23,6%. Rata-rata hasil belajar aspek afektif siswa kelas X-5 pada siklus I sebesar 72 menjadi 87,5 pada siklus II. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu, (1)Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pagak pada khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model numbered head together sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, (2)Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan langkah-langkahnya agar mendapatkan hasil yang optimal, (3)Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together hendaknya disesuaikan dengan lingkungan belajar siswa, dan ketersediaan waktu yang cukup, (4)Pada penelitian ini dalam mengukur hasil belajar, peneliti hanya mengukur ranah kognitif dan afektif saja. Oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur ketiga ranah yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, (5)Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas, sekolah, dan materi yang berbeda, (6)Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal, (7)Soal yang diberikan kepada siswa, hendaknya diuji terlebih dahulu agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.