Pengaruh Persepsi dan Prestise Siswa pada Citra Sekolah terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 4 Kota Probolinggo

Main Author: EKA DYAH SARI PRATIWI; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/6133
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratiwi, Eka, Dyah Sari. 2010. Pengaruh Persepsi dan Prestise Siswa padaCitra Sekolah terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI ISdi SMA Negeri 4 Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan EkonomiPembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak.,(II) Dr. Nasikh, S.E., M.P., M.Pd.Kata kunci: persepsi, prestise, citra sekolah, motivasi.Persepsi dan prestise siswa pada citra sekolah merupakan faktoreksternal yang mempengaruhi motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS diSMA Negeri 4 Kota Probolinggo. Prestise merupakan rasa bangga terhadap apayang dimiliki. Prestise dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu diri sendiri, orangtua, serta lingkungan masyarakat. Motivasi belajar siswa merupakan keseluruhandaya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungandan memberikan arah kegiatan belajar sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.Semakin baik persepsi siswa pada citra sekolahnya, maka motivasi belajar yangdimiliki siswa akan semakin meningkat.Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) pengaruh persepsi siswapada citra sekolah terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMANegeri 4 Kota Probolinggo, (2) pengaruh prestise siswa pada citra sekolahterhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 4 KotaProbolinggo, (3) pengaruh persepsi dan prestise siswa pada citra sekolah secarasimultan terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 4Kota Probolinggo.Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI IS di SMA Negeri 4Kota Probolinggo tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Kota Probolinggo yang berjumlah 73 siswa.Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara.Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positifsignifikan antara persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajarEkonomi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 4 Kota Probolinggo, (2) terdapatpengaruh positif signifikan antara prestise siswa pada citra sekolah terhadapmotivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 4 Kota Probolinggo,(3) terdapat pengaruh positif signifikan antara persepsi dan prestise siswa padacitra sekolah terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMA Negeri4 Kota Probolinggo. Motivasi belajar Ekonomi dapat dijelaskan oleh variabelbebas (persepsi dan prestise siswa pada citra sekolah) sebesar 42,5% sedangkansisanya 57,5% disebabkan oleh variabel lain.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh yang parsial dan simultan antara persepsi dan prestise siswapada citra sekolah terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMANegeri 4 Kota Probolinggo. Saran yang bisa diberikan (1) bagi pihak sekolah,diharapkan dapat memberikan fasilitas belajar yang bermutu, misalnya buku-bukupelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku; (2) untuk penelitianselanjutnya, diharapkan dapat memasukkan variabel yang lain misalnya misalnyakondisi perekonomian orang tua, kebiasaan belajar, fasilitas belajar, keterampilanmengajar guru dan sebagainya.