Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode STAD (Student Teams Achievment Divisions) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Malang

Main Author: zulia wirdaningsih; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/5710
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wirdaningsih, Zulia. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode STAD (Student Teams Achievment Divisions) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Sapir, S. Sos, M. Si, (II) Dr. Imam Mukhlis, S.E, M. Si. Kata-Kata Kunci : Kooperatif, STAD, CTL, Motivasi, Hasil belajar. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Tiga hal utama yang perlu disoroti dalam perbaikan mutu pendidikan, yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, efektivitas metode pembelajaran. Metode pembelajaran di kelas harus efektif dan mampu memberdayakan potensi siswa. Akan tetapi, berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Malang, diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas masih bersifat konvensional. Yaitu dengan metode ceramah yang berorientasi pada guru (teacher centered) sehingga kurang memberdayakan potensi siswa. Hal ini berakibat pada motivasi belajar siswa rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang juga rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Divisions) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai 16 November 2009. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C semester gasal tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, wawancara, angket motivasi, lembar observasi, soal tes, angket respons siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran, catatan lapangan. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan angket motivasi belajar siswa, sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan hasil tes setiap akhir siklus serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. i Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan pendekatan CTL secara umum dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII-C SMPN 2 Malang. Dari paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa motivasi belajar klasikal keseluruhan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,59 % dibandingkan dengan siklus I. Nilai motivasi dari siklus I ke siklus II dengan perhitungan SPSS 16 for Windows maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata motivasi dari siklus I ke siklus II berbeda secara signifikan karena rata-rata motivasi setelah siklus II lebih tinggi dari pada motivasi sebelum siklus I.Hasil belajar siswa dapat diketahui dari tes yang diadakan setiap siklus. Ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,79 %. hasil belajar siklus I ke siklus II dengan menggunkan SPSS 16 for Windows, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah berbeda secara signifikan karena rata-rata hasil belajar pada siklus I lebih tinggi dari pada hasil belajar siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penerapan model STAD dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran dari peneliti adalah Penggunaan pemicu masalah yang lebih nyata dan inovatif bagi siswa sangat ditekankan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, Guru mata pelajaran ekonomi dapat menerapkan pembelajaran model STAD dengan pendekatan CTL yang terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, Guru hendaknya juga mengukur seluruh hasil belajar siswa yang meliputi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik, Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan metode STAD dengan pendekatan CTL dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.