Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang
Main Author: | rifa'atul mahmudah; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/5464 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMahmudah, Rifa’Atul. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang . Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universiras Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si, (II) Drs. H. Achmad Ali WafaKata kunci: Model pembelajaran Talking Stick, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa.Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi di kelas masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, membahas soal-soal, dan berdiskusi. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga menimbulkan aktivitas dan motivasi dalam diri siswa untuk belajar masih kurang. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi standar ketuntasan minimum yang di tetapkan oleh SMA Negeri 8 Malang yaitu 75%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 8 Malang melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian aktivitas dan belajar siswa yang diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui post-test pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 50,5% dengan kategori ”Cukup” dan mengalami peningkatan menjadi 77,9% dengan kategori ”Baik” pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada saat diterapkan model pembelajaran Talking Stick pada siklus I rata-ratanya 51, 28% dengan kategori ”Cukup”dan pada siklus II meningkat menjadi 64, 10% dengan kategori ”Baik” dan pada hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70, 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 83, 51%.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X4 SMA Negeri 8 Malang. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu, (1) Model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran sebagai alternatif dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas sehingga baik untuk diterapkan oleh guru. (2) Untuk kesempurnaan penerapan model pembelajaran Talking Stick maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap berpikir dan menjawab siswa. (3) Guru hendaknya membuat variasi model pembelajaran, dengan memadukan model pembelajaran Talking Stick dengan metode yang lain.