Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Main Author: | YUANA ROHMAWATI; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/5381 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rohmawati, Yuana. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universiras Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si, (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si Kata kunci: pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), hasil belajar. Pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, sehingga diharapkan dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Kebanyakan guru ekonomi menggunakan metode pembelajaran yang masih konvensional, yaitu dengan ceramah dan pemberian tugas. Metode pembelajaran tersebut membuat siswa cenderung pasif dan cepat bosan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya tertentu yang dapat melibatkan siswa secara aktif, sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan cara merubah paradigma pembelajaran, dari pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) ke arah pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang pada mata pelajaran Ekonomi, (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang pada mata pelajaran Ekonomi setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan induktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Alat pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar catatan lapangan, dan angket. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2009/2010. Hasil belajar ekonomi siswa mengalami peningkatan dimana siklus pertama ketuntasan belajarnya sebesar 77% dan pada siklus kedua menjadi sebesar 86%. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) yaitu: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terdiri dari 5 tahap, yaitu penyampaian materi, kerja kelompok, game, turnamen, dan penghargaan kelompok. Dalam menerapkan pembelajaran tipe TGT, dilakukan observasi / pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran. (2)Penerapan Metode Pembelajaran Koopratif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang pada mata pelajaran Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu : (1) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 8 Malang, disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pelajaran yang lain dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). (2) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 8 Malang, disarankan untuk sering memberikan tugas, sehingga dapat meningkatkan kerajinan dan kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan tugas.(3) Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), guru perlu mengatur waktu, mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efesien.