Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP 4 Malang
Main Author: | Eva Kristina |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/4255 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kristina, Eva. 2007. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP 4 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan ekonomi dan koperasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Umi Mintarti W SE.MP.Ak (II) Nasikh SE.MP. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ), Prestasi belajar. Kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan Spiritual (SQ) merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa setelah IQ. Bagi sebagian orang peranan intelegensi yang mengambil peranan penting dalam kesuksesan hidup tetapi setelah adanya riset terbaru Goleman ternyata IQ hanya menyumbang kira-kira 20 % dan yang 80 % dipengaruhi oleh faktor lain dan salah satunya adalah kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP 4 Malang.yang diambil 6 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi prestasi siswa. Analisis yang digunakan adalah secara deskriptif yaitu menentukan frekwensi dari distribusi data antara EQ dan SQ dan prestasi siswa dengan skala yang berbeda. Secara inferensial yaitu dengan Regresi Linear Berganda yang secara parsial dari kecerdasan emosional diperoleh (Sig) 0.016 dan thitung = 2.481 > ttabel = 2.006 sehingga Hi diterima, dan untuk kecerdasan spiritual diperoleh (Sig) 0.039 dan thitung = 2.122 > ttabel = 2.006 hasilnya Hi diterima juga. Secara simultan diperoleh (Sig) 0.012 dan Fhitung = 4.873 > Ftabel = 3.180* sehingga Hi diterima dengan R2 adalah 0.160. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) baik secara serentak (simultan/bersama-sama) maupun sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Hal ini berarti siswa yang memiliki kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang tinggi memiliki prestasi yang tinggi pula.