Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Main Author: Nora L. Purnamasari; 2007
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/3527
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/download/3527/3335
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPurnamasari, Nora L. 2007. Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar SiswaKelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang Melalui Pembelajaran KooperatifTipe STAD. Skripsi, Program Studi pendidikan ekonomi dan koperasi,jurusan ekonomi pembangunan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1). Drs. Moch. Ihsan, M.Pd, M.Si, (2) Ir. Yohanes Hadi Susilo, S.Th,M.DIV, M.EKata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD,dan Ketuntasan Belajar SiswaBerdasarkan hasil pengamatan dilokasi penelitian, metode pembelajaranyang sering dipakai pada mata pelajaran ekonomi masih bersifat teacher centered,akibatnya siswa menjadi pasif dan ketuntasan belajar siswapun relatif masihrendah. Siswa perlu diajarkan bagaimana cara untuk mendapatkan informasisendiri, apakah itu dari guru, teman, bahan-bahan pelajaran, ataupun sumbersumberlain. Oleh karena itu perlu diadakan inovasi dalam proses pembelajaranyang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemandirian sekaligus meningkatkanketuntasan belajar siswa, yaitu dengan pembelajaran kooperatif. salah satunyaadalah tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satumodel pembelajaran kooperatif yang menonjolkan kerja sama siswa dalamkelompok. Dengan desain yang dibuat sedemikian rupa, pembelajaran kooperatiftipe STAD melatih siswa untuk saling bekerja sama, menghargai pendapatteman, bertanggung jawab terhadap penguasaan materi yang telah ditugaskanguru. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan danmenganalisis penerapan pembelajaran tipe STAD dalam mata pelajaran ekonomipada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang, (2) Mendeskripsikan danmenganalisis ketuntasan belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri7 Malang setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelasXI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang, (3) Mendeskripsikan dan menganalisis responsiswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang terhadap penerapan pembelajarankooperatif tipe STADPTK ini dirancang untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa padamata pelajaran ekonomi, PTK dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahaptahapperencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Lokasipenelitian ini adalah di SMA Negeri 7 Malang Jl Cenggerayam no IV Malang.Waktu pelaksanaannya pada awal semester II tahun ajaran 2006/2007 yaitu padabulan Februari-Maret dengan materi Ekonomi Moneter. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 yangberjumlah 42 siswa. Analisis data melalui kategori data dan interpretasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswamengalami peningkatan pada siklus II bila dibandingkan dengan siklus I.Ketuntasan belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan biladibandingkan dengan siklus I. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatiftipe STAD dirasa menyenangkan,dapat mempermudah memahami materipelajaran ekonomi, siswa juga menjadi lebih berani untuk mengeluarkanpendapat, serta ketuntasan belajar mereka juga dapat meningkat,iiBerdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran yaitupembelajaran kooperatif tipe STAD perlu diterapkan pada materi selanjutnyakarena telah terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, dan para guruhendaknya mencoba untuk menerapkan pembelajaran kooperatif dengan tipe-tipelain mengingat tipe STAD merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang palingsederhana, hal tersebut dilakukan agar proses pembelajaran dapat lebih bervariasidan menarikiiiKATA PENGANTARPuji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas karunia-Nya penulis dapatmenyelesaikan skripsi ini, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan programsarjana pendidikan ekonomi.Dalam penyusunan skripsi ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :1. Bapak Drs. Moch. Ichsan, SE, M.Pd, M.Si, selaku dosen pembimbing I danjuga sebagai ketua jurusan ekonomi pembangunan yang telah memberikanmasukan, dengan sabar membimbing dan mengarahkan penulis hingga dapatmenyelesaikan skripsi ini.2. Bapak Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th, M.DIV, M.E, selaku dosenpembimbing II yang telah memberikan masukan dan memberikan arahankepada hingga selesainya skripsi ini.3. Bapak Dr. Hari Wahyono, M.Pd, selaku dosen penguji utama.4. Bapak H. Budi Harsono selaku kepala sekolah SMA Negeri 7 Malang yangtelah memberikan ijin untuk melakukan penelitian di SMA Negeri 7 Malang.5. Ibu Hj. Kusdiati S.Pd , selaku guru mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMANegeri 7 Malang, yang telah memberikan bantuan demi kelancaran penulisanskripsi ini.6. Ayah, ibu serta adik-adikku tersayang yang senantiasa memberikan dukungandan doa sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.7. Suamiku tercinta yang selalu memberikan dukungan moril dan materisehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan lancar.8. Sobat-sobatku (12E & EKP ‘03 ) yang telah membantu dan memberikaninspirasi sehingga skripsi ini dapat terselesaikaniv9. Dan semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telahmemberikan bantuan selama penyusunan skripsi ini yang tidak dapatdisebutkan satu persatu.Penulis telah berusaha seoptimal mungkin dalam penyusunan skripsi ini.Namun penulis menyadari dalam penulisan skripsi ini masih jauh darikesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yangmembangun demi menyempurnakan skripsi ini . Penulis berharap semoga skripsiini dapat bermanfaat bagi banyak pihak.Malang, Juni 2007PenulisvDAFTAR ISIHalamanABSTRAK........................................................................ iKATA PENGANTAR.......................................................... iiiDAFTAR ISI..................................................................... vDAFTAR TABEL............................................................... viiDAFTAR LAMPIRAN........................................................ viiiBAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang.......................................................... 1B. Rumusan Masalah...................................................... 5C. Tujuan Penelitian........................................................ 5D. Hipotesis Penelitian.................................................... 6E. Manfaat Penelitian...................................................... 6F. Asumsi penelitian....................................................... 7G. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian........................ 8H. Definisi Operasional................................................... 8BAB II KAJIAN PUSTAKAA. Pembelajaran Kooperatif.............................................. 10B. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD................................ 15C. Validitas Soal............................................................ 22D. Ketuntasan Belajar..................................................... 27E. Temuan Hasil Penelitian yang Relevan............................. 28BAB III METODOLOGI PENELITIANA. Rancangan Penelitian.................................................. 29B. Lokasi dan Waktu Penelitian.......................................... 30C. Subjek Penelitian......................................................... 30D. Kehadiran Peneliti di Lapangan...................................... 30E. Tahap-Tahap Penelitian................................................ 30F. Instrumen Penelitian.................................................... 34G. Teknik Pengumpulan Data............................................ 36H. Analisis Data............................................................ 37BAB IV HASIL PENELITIANA. Hasil penelitian Siklus I................................................ 39B. Hasil penelitian Siklus II............................................... 46C. Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.. 52BAB V PEMBAHASANA. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam MataPelajaran Ekonomi..................................................... 55B. Ketuntasan Belajar Siswa Setelah Pembelajaran KooperatifTipe STAD...................................................................... 57C. Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.. 59viBAB VI PENUTUPA. Kesimpulan.............................................................. 60B. Saran..................................................................... 60DAFTAR PUSTAKA........................................................... 62LAMPIRAN...................................................................... 64PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .................................... 115SURAT IJIN PENELITIAN ................................................... 116RIWAYAT HIDUP............................................................. . 117viiDAFTAR TABELTabel Halaman3.1 Lembar Observasi........................................................................... 354.1 Analisis Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalamMata Pelajaran Ekonomi ................................................................ 404.2 Hasil Analisis Ketuntasan Belajar Siswa Sebelum PembelajaranKooperatif Tipe STAD .................................................. 424.3 Hasil Analisis Ketuntasan Belajar Siswa Setelah PembelajaranKooperatif Tipe STAD Siklus I..................................................... 434.4 Analisis Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD DalamMata Pelajaran Ekonomi Siklus II ................................................. 474.5 Hasil Analisis Lembar Observasi....................................... 484.6 Hasil Analisis Ketuntasan Belajar Siswa Setelah PembelajaranKooperatif tipe STAD Siklus II................................................ 504.7 Respon Siswa Terhadap Pembelajaran KooperatifTipe STAD...................................................................................... 53viiiDAFTAR LAMPIRANLampiran Halaman1. Desain Pembelajaran Siklus I........................................................... 642. Desain Pembelajaran Siklus II........................................................... 673. Hand Out I dan lembar kerja I........................................................... 714. Hand Out II dan lembar kerja II......................................................... 765. Soal Siklus I........................................................................................ 796. Soal Siklus II...................................................................................... 827. Hasil nilai pre-tes............................................................................... 868. Pengelompokan siswa menurut nilai pre-tes..................................... 879. Daftar pembagian kelompok............................................................. 8810. Format penilaian kelompok............................................................... 8911. Analisis ketuntasan belajar sebelum pembelajaran tipe STAD......... 9512. Analisis ketuntasan belajar setelah pembelajaran kooperatif tipeSTAD siklus I ................................................................................. 9613. Analisis ketuntasan belajar setelah pembelajaran kooperatif tipeSTAD siklus II.................................................................................. 9714. Lembar observasi siklus I.................................................................. 9815. Lembar observasi siklus II................................................................. 10116. Hasil analisis lembar observasi.......................................................... 10617. Hasil analisis angket.......................................................................... 10718. Uji validitas soal................................................................................ 10819. Foto penelitian .................................................................................. 113ix