pengaruh gaya mengajar guru ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam AlMaarif Singosari Malang Tahun ajaran 2008/2009

Main Author: DYAH IRAWATI; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/3133
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIrawati, Dyah. 2009. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Islam AlMaarif Singosari Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, UMM. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto, M.Si (2) Drs. Mardono, M. Si.Kata Kunci: Gaya mengajar guru, motivasi belajar siswa, prestasi belajar siswa.Gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar dilakukan dengan jalan membagikan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi, dan diharapkan dapat dipraktekkan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Islam AlMaarif Singosari tahun ajaran 2008/2009. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 100 siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Islam ALMaarif Singosari. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F = 33,813 pada α 5% dan diperoleh probabilitas (p) sebesar 0,000 sehingga p