Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model GI dan Tutorial Sebaya terhadap Partisipasi Aktif dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Almaarif Singosari
Main Author: | Dewi Anita; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/2827 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnita, Dewi. 2009. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model GroupInvestigation (GI) dan Tutorial Sebaya terhadap Partisipasi Aktif danPrestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA IslamAlmaarif Singosari. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan ProgramStudi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (2) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si.Kata Kunci : Pembelajaran Group Investigation, Tutorial Sebaya, PartisipasiAktif, Prestasi Belajar, Pelajaran Ekonomi.Pada pembelajaran ekonomi di SMA Islam Almaarif Singosari, umumnyaguru masih menggunakan metode ceramah, pemberian tugas dari LKS, sehinggapembelajaran kurang bervariasi. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan.Sikap siswa tersebut membuat prestasi belajar siswa di SMA Islam AlmaarifSingosari rendah.Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan suatu metodepembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa untuk bekerjasama dalammemaksimalkan kondisi belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarsiswa.Salah satu alternatif metode mengajar yang memungkinkan siswa berperanaktif dalam pembelajaran melalui pembelajaran kelompok. Pembelajarankelompok merupakan model pembelajaran yang didalamnya siswa bekerjabersama-sama untuk mencapai tujuan khusus atau menyelesaikan suatu tugas.Dalam hal ini peneliti memilih menggunakan pembelajaran kelompok modelGroup Investigation, yaitu masing-masing kelompok bekerjasama untukmerencanakan penyelidikan, melaksanakan penyelidikan hingga menyajikan hasilakhir penyelidikan di depan kelas. Selanjutnya untuk pembelajaran kelompok polatutorial sebaya terdapat seorang siswa yang dipilih oleh guru sebagai tutor yangprestasi belajarnya lebih baik berdasarkan nilai ulangan akan mengajar teman-temannya dalam satu kelompok yang pemahamannya atau memiliki kemampuanlebih rendah yang dipilih secara acak..Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk 1) mengetahui perbedaanpartisipasi aktif siswa dari pembelajaran kooperatif model Group Investigation(GI) dengan partisipasi aktif siswa dari pembelajaran kooperatif model TutorialSebaya mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Almaarif Singosari, 2) mengetahuiprestasi belajar siswa dari pembelajaran kooperatif model Group Investigation(GI) dengan prestasi belajar siswa dari pembelajaran kooperatif model TutorialSebaya mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Almaarif Singosari.Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental denganmenggunakan non equivalent control group design. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri daridua kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelaskontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan metodepembelajaran kooperatif model Tutorial Sebaya, sedangkan kelas kontrol adalahkelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif modelGroup Investigation (GI). Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatifdan data kualitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan caramemberikan pre test dan post test serta melakukan pengamatan dari aktivitasbelajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes danmetode dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur partisipasiaktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung baik di kelas kontrol daneksperimen. Metode tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa yangdilihat dari gain score yaitu selisih antara nilai pre test dan post test. Sedangkanmetode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa sertasilabus siswa kelas X. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji t± Independent Samples dengan taraf signifikansi 5%. Tetapi sebelum datadianalisis, diadakan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) adaperbedaan partisipasi aktif siswa yang diajar dengan menggunakan Model GroupInvestigation dan Tutorial Sebaya pada mata pelajaran ekonomi di SMA IslamAlmaarif Singosari, dimana kelompok eksperimen memiliki partisipasi aktif lebihtinggi (Mean = 70,74) daripada kelompok kontrol (Mean = 61,70), (2) adaperbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model GroupInvestigation dan Tutorial Sebaya pada mata pelajaran ekonomi di SMA IslamAlmaarif Singosari, dimana kelompok eksperimen memiliki prestasi belajar lebihtinggi (Mean = 66,71) daripada kelompok kontrol (Mean = 63,67).