Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Soaial (IPS) Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008 Di SMP Negeri 13 Malang
Main Author: | Made Dana Punia; 2008 |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/rtf application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/2718 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/download/2718/1034 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Punia, Dana, Made. 2008. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Soaial (IPS) Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008 Di SMP Negeri 13 Malang. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Pror. Dr. J. G. Nirbito, M, Pd (II) Drs.Moch. Ichsan SE. M.Pd. M.Si Kata Kunci : Pemanfaatan Sumber Belajar, Prestasi Belajar Pendidikan merupakan suatu yang penting dan dianggap paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup terhadap peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehubungan dengan itu maka sudah menjadi kewajiban bagi lembaga pendidikan di indonesia untuk mewujudkan tujuan pemadidikan tersebut baik lembaga pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan sekolah merupakan lembaga yang mempunyai tujuan pembelajaran yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sebagai tempat proses belajar mengajar, sekolah harus menyediakan kondisi sumber belajar di sekolah yang menunjang untuk berlangsungnya proses belajar tersebut. Kondisi itu diantaranya menyediakan sarana dan prasarana agar dapat menemukan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan dan juga melibatkan siswa dalam proses belajar tersebut. Dalam kegiatan proses belajar mengajar motivasi dapat di katakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar yang kehendaki. Dengan adanya pemanfaatan sumber belajar dapat di lihat perubahan prestasi yang akan diraih oleh siswa-siswi di sekolah. Prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil yang di peroleh oleh seorang siswa setelah mengukuti kegiatan belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu atau setelah menyelesaikan program tertentu. Berdasrkan rumusan masalah yang ada maka dapat diketahui tujuan penelitian yaitu (1) Menganalisis tingkat pemanfaatan sumber belajar yang ada di SMP Negeri 13 Malang (2) Menganalisis tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang (3) Untuk menentukan besarnya pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 13 Malang. Dilihat dari permasalahan yang diambil maka metode yang diambil dalam penelitian ini adlah deskriptif. Metode ini digunakan karena penelitian ini berusaha menggambarkan serta melihat pengaruh pemanfaatan sumber belajar (X) terhadap prestasi belajar (y) siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Maka populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 20007/2008 yang di bagi dalam 8 kelas yaitu VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H.Dari siswa SMP Negeri 13 Malang yang berjumlah 134 tiap-tiap kelas diambil 8 siswa untuk dijadikan sampelmaka jumlah keseluruahan sampel yang diambil adalah 64 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proposional Random Sampling. Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada pemanfaatan sumber belajar (X) berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y) terbukti besaran probabilitas (Sig) pada variabel pemanfaatan sumber belajar adalah 0,000 < 0,05 dan thitung (8,340) > (1,998) jika dilihat dari tingkat signifikannya = 0,000 di bawah 0,05 maka Ho di tolak dan Ha di terima, berdasarkan dari uji ftabel diketahui besaran probabilitas (Sig) 0,000 < 0,05 dan fhitung (69, 564) > ftabel (3,995) menunjukan bahwa pemanfaatan sumber belajar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini dapat di ketahui bahwa sumber belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 malang.