PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP BHAKTI TUREN TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | SEPTI ERLIANTI; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/11200 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Erlianti, Septi. 2010. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Bhakti Turen Tahun Ajaran 2010/2011. Skrisi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si. (2) Dwi Wulandari, S.E., M.M. Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Keberhasilan seorang siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah hasil belajarnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa antara lain: (1) faktor internal yaitu faktor dari dalam individu, (2) faktor eksternal yaitu faktor dari luar individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Bhakti Turen Tahun Ajaran 2010/2011. Variabel dalam penelitian ini meliputi faktor internal dan faktor eksternal sebagai variabel bebas, serta hasil belajar mata pelajaran ekonomi sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di SMP Bhakti Turen dengan responden seluruh siswa kelas VIII sebagai populasinya. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah propotional random sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara proposional yaitu sebesar 30% dari jumlah populasi masing-masing kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 57 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis regresi linear berganda, uji t menunjukkan bahwa faktor internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan koefisien regresi 0,321 dan signifikansi 0,000. Variabel faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomiditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0,123 dan signifikansi 0,002. Uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi ditunjukkan dengan nilai F sebesar 43,735 dan signifikansi 0,000. Variabel yang mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi adalah faktor internal, ditunjukkan dengan nilai t yang lebih besar yaitu 4,201. Diketahui pula hasil regresi model Summary bahwa nilai Adjusted R Square = 0,604 yang artinya proporsi perubahan total variabel fakor internal dan faktor eksternal sebesar 60,4%. Sedangkan sisanya sebesar 39,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka penulis memberikan saran yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu bagi guru diharapkan tetap menjaga hubungan baik yang terjalin dengan para siswanya dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian khususnya yang berkaitan dengan hasil belajar ekonomi dengan mengkaji lebih luas faktor internal maupun internal yang mempengaruhi hasil belajar ekonomi, mengingat faktor yang mempengaruhi belajar sangat banyak seperti tingkat IQ, tingkat EQ, tingkat SQ, sikap, konsentrasi, dan sebagainya.