Analisis Perilaku Penawaran Kredit Bank BPR di Malang (Studi Kasus PT. BPR Armindo Kencana Malang)
Main Author: | Rachman Hakim; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/10983 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hakim, Rachman. 2010. Analisis Perilaku Penawaran Kredit Bank BPR di Malang (Studi Kasus PT. BPR Armindo Kencana Malang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Nasikh, S.E. M.P., M.Pd., (II) Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si. Kata kunci : analisis perilaku, penawaran kredit. Analisis Perilaku merupakan analisis mengenai perbuatan/tindakan, perkataan dan kebiasaan seseorang atau pun suatu kelompok yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya. Dalam penelitian ini, akan dianalisis perilaku atau kebiasaan PT. BPR Armindo Kencana Malang dalam melakukan penawaran kredit. Hal ini dirasa perlu mengingat sektor kredit merupakan sektor yang cukup mengandung banyak resiko. Inilah yang menjadi latar belakang penelitian. Diharapkan hasil dari penelitian ini bisa memberi sedikit masukan agar resiko dalam penyaluran kredit bisa diperkecil. Variabel yang digunakan untuk penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner yang mempunyai pilihan jawaban 1-5. Variabel-variabel yang diteliti yaitu: Dana Pihak Ketiga (DPK), Return on Assets (ROA), Non Performing Loan (NPL), Capital Adequency Ratio (CAR), Return on Equity (ROE), Cash Ratio, Reserve Requirement (RR), Loan to Deposit (LDR), Loan to Assets Ratio, Rasio Kewajiban Bersih Call Money, Rasio Biaya Operasional, Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Long Term Debt to Assets Ratio. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Analisis faktor merupakan pendekatan statistik yang dapat digunakan untuk menganalisis hubungan di antara beberapa variabel dan menjelaskan variabel-varabel ini dalam keadaan umumnya berdasarkan dimensi (faktor). Tujuannya adalah untuk mencari cara menyingkat informasi yang terdapat dalam beberapa variabel asal menjadi serangkaian variabel yang lebih kecil (faktor) dengan meminimalkan kehilangan informasi. Berdasarkan output analisis faktor diketahui bahwa ada 3 faktor yang akan diperhatikan PT. BPR Armindo Kencana Malang sebelum memberikan kredit. Faktor pertama, Rasio Kewajiban, Rentabilitas dan Solvabilitas yang terdiri dari ROA, Rasio Kewajiban Bersih Call Money, Rasio Biaya Operasional, NPM, DER dan Long Term Debt to Assets Ratio. Faktor kedua, Rasio Likuiditas dan NPL yang terdiri dari NPL, Cash Ratio, RR, LDR dan Loan to Assets Ratio. Faktor ketiga, Modal dan Laba terdiri dari CAR dan ROE. Sementara itu, variabel DPK tidak termasuk dalam salah satu faktor tersebut karena berdasarkan nilai measure sampling adequency (MSA) tidak bisa untuk analisis faktor. Kesimpulannya PT. BPR Armindo Kencana Malang cenderung member perhatian lebih terhadap faktor Rasio Kewajiban, Rentabilitas dan Solvabilitas karena faktor ini memiliki nilai % of Variance sebesar 42,071%. Sementara itu, faktor Likuiditas dan NPL; serta faktor Modal dan Laba karena kedua faktor ini masing-masing hanya memiliki nilai % of Variance sebesar 12,284% dan 8,954%.