PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI OLEH GURU-GURU IPS SMP NEGERI SE-KOTA BLITAR BERDASARKAN KTSP (Studi Kasus Pada 10 Guru SMP Negeri Kota Blitar)

Main Author: Nurul Chotijah; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/10347
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Chotijah, Nurul. 2010. Pelaksanaan Pembelajaran IPS-Ekonomi oleh Guru-guru IPS SMP Negeri se-Kota Blitar Berdasarkan KTSP ( Studi Kasus Pada 10 Guru SMP Negeri Kota Blitar). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing : 1) Dr.Bambang Pranowo, SE,M.Pd.AK, 2) Grisvia Agustin, SE,M.Sc Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran IPS-Ekonomi, Guru IPS, KTSP. Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Dalam KTSP, terdapat materi Ekonomi yang tergabung dalam bidang studi IPS. Sebagai kurikulum baru, implementasi kurikulum banyak menemukan kendala dan hambatan. Belum semua sekolah bisa menyusun kurikulum sendiri berdasarkan KTSP karena kurikulum lama terlanjur membatasi kreativitas guru. prakteknya dilapangan implementasi KTSP tidaklah mudah dilakukan, kerena guru menghadapi masalah pada pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. KTSP sebagai kurikulum baru kemungkinan timbulnya ketidakpahaman guru terhadap penyusunan dan kesiapan guru dalam implemetasi KTSP disekolah.Selain itu terdapat beberapa guru yang mengalami kesulitan dari segi pengembangan silabus dan penyusunan RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS-Ekonomi SMP Negeri Se-Kota Blitar Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ditinjau dari (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi. Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskripif kualitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru IPS yang mengajarkan materi Ekonomi yang tersebar pada 10 SMP Negeri yang terdapat di kota Blitar. Sampel pada penelitian ini adalah 10 guru IPS yang mengajarkan materi Ekonomi pada 6 SMP Negeri Kota Blitar. Ke enam SMP Negeri tersebut adalah hasil Studi kasus yang sebelumnya diobeservasi langsung pada mata kuliah perencanaan pembelajaran. Masing-masing SMP Negeri mempunyai guru yang mengajarkan materi ekonomi sebanyak 2 dan 3. Data yang diperoleh dari angket selanjutnya diberi bobot pada tiap-tiap item jawaban dengan mengacu pada kriteria penyekoran angket. Pemberian skor berkisar antara 1 sampai dengan 4. Selanjutnya dilakukan klasifikasi dengan menggunakan rumus. Skor tiap item yang diperoleh diakumulasikan menjadi skor tiap deskriptor, indikator, dan tiap sub variabel, dan hasilnya disesuaikan dengan hasil klasifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran IPS-Ekonomi yang dilakukan oleh guru-guru IPS SMP Negeri SE-Kota Blitar berdasarkan KTSP adalah cukup baik dengan persentase 68%, (2) pelaksanaan pembelajaran IPS-Ekonmi yang dilakukan oleh guru-guru IPS SMP Negeri Se-kota Blitar berdasarkan KTSP adalah kurang baik dengan persentase 57%, (3) evaluasi pembelajaran IPS-Ekonomi yang dilakukan oleh guru-guru IPS SMP Negeri se-Kota Blitar berdasarkan KTSP adalah kurang baik dengan persentase 54%.