ABSTRAKPenerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Make AMatch untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum di SMA Kertanegara Malang
Main Author: | Nur Indahwati; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/5470 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIndahwati, Nur. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Make AMatchuntuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa KelasXI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umumdi SMA Kertanegara Malang. Skripsi, Program Studi PendidikanAkuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Yuli Widi Astuti, S.E,M.Si,Ak (2) Ika Putri Larasati,S.E, M.ComKata Kunci: Make AMatch,aktivitas belajar, hasil belajarBerdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaranakuntansi di SMA Kertanegara Malang, diperoleh informasi bahwa prosespembelajaran akuntansi dikelas masih menggunakan metode ceramah, tanyajawab, diskusi soal dan tugas. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan hanyasedikit siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masihbanyak siswa yang mengikuti remidi karena skor yang diperolaeh kurangmemenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70.Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalampenelitian ini adalah pembelajaran kooperatif metode Match AMatch.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajarankooperatif metode make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Akuntansi pokok bahasan jurnal umum.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatankualitatif, yang dilaksanakan di SMA Kertanegara Malang. penelitian inidilakukan pada tanggal 14 Oktober hingga 28 Oktober 2009. Analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: 1) Reduksidata, 2) Paparan data, dan 3) Penyimpulan hasil analisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make AMatchdapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, meskipun belum mencapai 100%.Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa dilihat dari proses pembelajaran mencapai76,67% meningkat pada siklus 2 mencapai 88,33%. Sedangkan aktivitas siswaditinjau dari aspek afektif siswa pada siklus 1 mencapai 60,9% meningkat padasiklus 2 mencapai 91,3%. Sedangkan pada hasil belajar juga mengalamipeningkatan, sebelum tindakan diberikan skor rataratahasil belajar sebesar65,7% dengan ketuntasan belajar 52,2%. Pada siklus 1 hasil belajar ditinjau dariaspek kognitif sebesar 65,2% meningkat pada siklus 2 mencapai 87%. Sedangkanhasil belajar dilihat dari aspek psikomotorik pada siklus 1 sebesar 65,2%meningkat pada siklus 2 mencapai 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode Make A Match (mencari pasangan) dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA KertanegaraMalang.iClick to buy NOW!PDFXCHANGEwww.docutrack.comClick to buy NOW!PDFXCHANGEwww.docutrack.com