penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) metode snowball throwing untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang pada mata pelajaran akuntansi

Main Author: Nurinda Hamida; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/5373
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHamida, Nurinda. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak. (II) Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, metode snowball throwing, minat belajar siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang maka dapat diidentifkasi masalah yang terjadi di kelas yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa sering mengobrol saat guru menjelaskan materi pelajaran, kurangnya literatur yang mendukung proses pembelajaran, dan siswa juga kurang aktif dalam tanya jawab. Adanya masalah tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang berminat dalam proses pembelajaran akuntansi di kelas. Maka dilakukan suatu tindakan perbaikan dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode snowball throwing untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang. Siklus I pertemuan I dan II jumlah siswa yang mempunyai minat belajar maksimal masing-masing sebanyak 9 dan 10 orang, siswa yang mempunyai minat belajar kurang maksimal masing-masing sebanyak 7 dan 6 orang, serta siswa yang mempunyai minat belajar tidak maksimal sebanyak 7 orang. Sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa pada pertemuan III dan IV jumlah siswa yang mempunyai minat belajar maksimal sebanyak 15 orang, siswa yang mempunyai minat belajar kurang maksimal masing-masing sebanyak 3 dan 5 orang, serta siswa yang mempunyai minat belajar tidak maksimal masing-masing sebanyak 5 dan 3 orang. Hasil tersebut menyatakan bahwa penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui aktivitas membuat soal, menjawab soal, mengemukakan jawaban, dan menyimpulkan/menilai jawaban dari kelompok lain. Aktivitas tersebut membuat minat belajar siswa secara individu menjadi meningkat karena selama proses pembelajaran, siswa harus berdiskusi dengan kelompoknya dan saling bertukar pendapat mengenai materi yang diajarkan, berbicara dengan temannya mengenai materi pelajaran sesuai dengan waktu/kesempatan yang diberikan oleh guru, membawa buku pelajaran akuntansi dan menggunakannya sebagai literatur dalam pembelajaran, serta aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) metode snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa. Keterbatasan penelitian ini adalah tahap melempar bola ada kelompok yang mendapat soal yang dibuat oleh kelompoknya sendiri. Peneliti menyarankan apabila ada kelompok yang mendapat soal yang ia buat sendiri maka tahap melempar bola harus diulang sampai tiap kelompok mendapat soal dari kelompok lain.