pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 1 kauman tulungagung
Main Author: | rollis astriani; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/5179 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Astriani, Rollis. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa atas Keterampilan Mengajar Guru Akuntansi dan Motivai Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdyah S.E, M.Si, Ak (II) Dra. Tri Laksiani S.E, M.M .Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Prestasi belajar Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar merupakan salah satu diantara faktor-faktor yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Keterampilan mengajar guru yang baik dan motivasi belajar yang tinggi tentu akan meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan subyek penelitiannya yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kauman. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 163 siswa dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data diambil dari populasi siswakelas XI IPS SMAN 1 Kauman Tulungagung. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas, Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas, dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian. Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh parsial antara keterampilan mengajar guru akuntansi terhadap prestasi belajar dengan nilai sig t (0,000) < Į 0,050 dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig t (0,000) < Į 0,050. Terdapat pula pengaruh simultan antara keterampilan mengajar guru akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig F (0,000) < Į 0,050.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan para guru untuk mempertahankan / meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang menambah keterampilan dalam mengajar agar siswa memiliki persepsi yang positif sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan tidak cepat merasa jenuh dengan mata pelajaran yang dihadapinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara