pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 1 kauman tulungagung

Main Author: rollis astriani; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/5179
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Astriani, Rollis. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa atas Keterampilan Mengajar Guru Akuntansi dan Motivai Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdyah S.E, M.Si, Ak (II) Dra. Tri Laksiani S.E, M.M .Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Prestasi belajar Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar merupakan  salah satu diantara faktor-faktor  yang  berpengaruh  dalam  pencapaian  prestasi  belajar  siswa. Keterampilan mengajar  guru  yang  baik  dan  motivasi  belajar  yang  tinggi  tentu  akan  meningkatkan prestasi  belajar. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh  baik  secara  parsial maupun  simultan  keterampilan  mengajar  guru  dan  motivasi  belajar  terhadap  prestasi belajar  siswa.  Penelitian  ini  dilakukan  di  SMAN  1  Kauman  Tulungagung  dan  subyek penelitiannya  yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kauman. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 163 siswa dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data diambil dari populasi siswakelas XI IPS SMAN 1 Kauman Tulungagung. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas, Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas, dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian. Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh parsial antara keterampilan mengajar guru akuntansi terhadap prestasi belajar dengan nilai sig t (0,000) < Į 0,050 dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig t (0,000) < Į 0,050. Terdapat pula pengaruh simultan antara keterampilan mengajar guru akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa  dengan nilai sig F (0,000) < Į 0,050.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan para guru untuk mempertahankan / meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang menambah keterampilan dalam mengajar agar siswa memiliki persepsi yang positif sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan tidak cepat merasa jenuh dengan mata pelajaran yang dihadapinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara