Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Variasi Metode Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang Tahun Ajaran 2006/2007

Main Author: Sulimah Irawati; 2007
Format: PeerReviewed Document application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/3961
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/download/3961/4848
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIrawati, Sulimah. 2007. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Variasi MetodeMengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Akuntansi diSMK BM Ardjuna 01 Malang Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. JurusanAkuntansi. Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas NegeriMalang. Pembimbing: (1) Puji Handayati, S.E.,M.M.,Ak. (2) Dra. EndangSri Andayani S.E.,M.Si.,Ak.Kata Kunci: Metode mengajar, motivasi belajar.Kualitas pengajaran sangat menentukan keberhasilan siswa dan salahsatunya tergantung bagaimana cara guru menyajikan materi yang harus diajarkan(metode mengajar). Setiap metode mengajar yang dipilih dan digunakan oleh gurumembawa pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian hasilyang diharapkan. Penggunaan metode mengajar yang bervariasi merupakanstimulus yang menghendaki tanggapan dari siswa dan bergantung bagaimanasiswa akan menyikapinya. Persepsi yang merupakan suatu proses kognitifterhadap stimulus yang diterima oleh panca indera berfungsi untuk memberikanmotivasi terhadap konsekuensi perilaku. Adanya variasi metode mengajarbertujuan agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses belajar mengajardi kelas sehingga nantinya diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengikutipelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswamengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswaAkuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2006/2007. Adapunvariabel bebas (X) yang digunakan adalah persepsi siswa mengenai variasimetode mengajar guru, sedangkan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajarakuntansi siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanasi. Populasipenelitian adalah siswa jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang yangberjumlah 163 siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian sampel adalah teknikpurposive sampling. Sampel penelitian mengambil siswa kelas II Akuntansi baikdari II-A/Ak maupun II-B/Ak. Penelitian mengambil sampel sebanyak 50 siswaatau sekitar 30% dari populasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linier sederhana sertadiolah dengan bantuan komputer program SPSS for Windows Versi 10,00.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai uji t untuk persepsi siswaadalah 4,751 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, Ha diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswamengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswaAkuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang Tahun Ajaran 2006/2007. Saran yangdapat diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Peneliti lain yang berminat terhadapmasalah yang sama, hendaknya hasil penelitian ini dikembangkan mengingatketerbatasan yang ada, 2) Guru hendaknya lebih meningkatkan kemampuannyadalam menggunakan metode yang bervariasi agar siswa lebih termotivasi untukbelajar, dan 3) Kepala sekolah hendaknya memperhatikan, memberikanpengarahan dan bantuan bagi guru yang mempunyai masalah dalam mengajaragar keterampilan mengajarnya tetap baik khususnya dalam penggunaan metodemengajar, misalnya dengan pelatihan ataupun seminar guru.