Hubungan antara Minat Memilih Program Studi dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa ( Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2006 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang )
Main Author: | Ummi Rahmayanti; 2008 |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/3842 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/download/3842/4466 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rahmayanti, Ummi. 2008. Hubungan antara Minat Memilih Program Studi dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa ( Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2006 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang ). Skripsi. Jurusan Akuntansi. Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: ( ) Triadi Agung Sudarto, S.E, M. Si, Ak (2) Dra. Tri Laksiani, S.E, M.M. Kata kunci: minat, motivasi belajar, prestasi belajar. Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam berbagai bidang yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan bermakna bagi kesejahteraan masyarakat. Disinyalir tidak semua yang telah menjadi mahasiswa berada pada program studi atau bidang yang paling diminatinya, padahal di dalam dunia pendidikan minat merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan sukses atau gagalnya seseorang dalam menempuh studi di Perguruan Tinggi. Adapun faktor lain yang juga berperan dalam keberhasilan studi adalah motivasi belajar. Kuat lemahnya motivasi belajar seseorang dapat menentukan besarnya upaya belajar yang dilakukan dalam mencapai kesuksesan belajar, karena motivasi belajar berfungsi untuk menimbulkan, mendasari, dan mengarahkan kegiatan belajar. Mahasiswa diharapkan mempunyai minat dan motivasi belajar, karena kedua aspek tersebut termasuk faktor penting yang dapat berperan dalam pencapaian prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara minat memilih program studi dengan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2006 Jurusan Akuntansi FE-UM, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2006 Jurusan Akuntansi FE-UM, dan (3) hubungan antara minat memilih program studi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2006 Jurusan Akuntansi FE-UM. Jenis atau rancangan penelitian ini adalah penelitian asosiatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Product Moment dan analisis korelasi ganda yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS for Windows Versi 12.00. Adapun variabel dalam penelitian ini meliputi variabel minat dalam memilih program studi, variabel motivasi belajar dan variabel prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2006 FE-UM tahun ajaran 2007/2008, sedangkan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 58 mahasiswa. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa minat memilih program studi dan prestasi belajar berhubungan positif signifikan, hal ini ditunjukkan dengan perolehan r =0,521 dan uji signifikansi t>t (4,567>1,671) atau signifikansi t sebesar 0,000=505 dan uji signifikansi t>t (4,375>1,671) atau signifikansi t sebesar 0,000=0,583 dengan uji signifikansi F>F (14,162>3,17). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) mahasiswa diharapkan lebih meningkatkan atau menumbuhkan minat terhadap program studi yang telah ditempuhnya, karena dengan adanya minat maka aktivitas belajar akan dilakukan dengan perasaan senang sehingga dapat meningkatkan upaya belajar dalam menempuh studi guna mencapai prestasi yang optimal, (2) agar mahasiswa lebih meningkatkan motivasi belajar, karena motivasi belajar sangat berperan dalam mengarahkan kegiatan belajar untuk pencapaian prestasi belajar yang maksimal, (3) bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian yang sejenis disarankan untuk mengambil populasi dan sampel yang lebih besar dan menambah variabel , karena masih banyak faktor lain yang berperan dalam pencapaian prestasi belajar selain minat dan motivasi.