Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Malang
Main Author: | Aziza Hannah Wiriani; 2008 |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/3836 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/download/3836/4433 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wiriani, Aziza Hannah. 2008. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M., ( 2 ) DR. Dyah Aju Wardhani, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci : Minat, Kebiasaan belajar, Prestasi belajar Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, telah membawa perubahan hampir di semua aspek kehidupan manusia. Agar mampu berperan dalam persaingan global, maka dibutuhkan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta terus mengembangkan dan meningkatkan prestasi serta kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, peningkatan prestasi dan kualitas sumber daya manusia itu sendiri terintegrasi dengan peningkatan mutu pendidikan. Langkah awal yang dapat dilakukan yakni dengan menganalisa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa sebagai seorang tunas bangsa yang nantinya akan membangun bangsa dan negaranya. Hal-hal yang akan diteliti dalam penelitian ini terangkum dalam rumusan masalah yaitu (1) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang, (2) Apakah ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang, (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat dan kebiasaan belajar Akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi khususnya pada siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yakni untuk menguji hipotesis tentang pengaruh dua variabel independen atau lebih bersama-sama dengan satu variabel dependen. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 99 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI IIS 2, XI IIS 3 dan XI IIS 4 dan penelitian dilakukan pada bulan November - Desember 2007. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang, (2) Terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan kebiasaan belajar Akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang. Dengan mengetahui seberapa besar minat siswa pada mata pelajaran akuntansi maka dapat diprediksi seberapa besar siswa yang benar-benar mempelajari akuntansi dengan sesungguhnya dan optimalnya hasil yang bisa dicapai apabila siswa tersebut menerapkan kebiasaan belajar yang baik.