PENGARUH NILAI UJIAN NASIONAL (NUN) SLTP DAN MOTIVASI MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMK (SMEA) KEPANJEN

Main Author: Udhar Setiyo Wahyuni
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/3417
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wahyuni, Udhar Setiyo. 2009. Pengaruh Nilai Ujian Nasional (NUN) SLTP dan Motivasi Memilih Program Keahlian Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa di SMK Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Dyah Aju Wardani, M.Si, Ak. Pembimbing (II) Triadi Agung Sudarta, SE, M.Si, Ak Kata kunci : Nilai Ujian Nasional (NUN) SLTP, Motivasi memilih jurusan akuntansi, Prestasi belajar akuntansi Nilai Ujian Nasional (NUN) SLTP merupakan prestasi belajar akhir yang diperoleh siswa melalui ujian akhir secara nasional ditingkat SLTP. Nilai ujian Nasional SLTP ini pula yang dipergunakan sebagai salah satu alat unutk penerimaan calon siswa baru di SMK (SMEA) Kepajen. Motivasi memilih jurusan merupakan motivasi atau keinginan dari dalam diri individu siswa, adanya suatu keadaan yang mendorong tingkah laku untuk memilih dan berusaha mencapai tujuan, maka siswa atau anak didikberusaha memilih jurusan yang sesuai dengan tujuan dan cita-citanyaberdasarkan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan prestasi belajar siswa merupakan tingkat keberhasilan siswa setelah siswa tersebut mengikuti kegiatan proses belajar mengajar yang ditempuhnya.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi (exeplanatory research) dengan menggunakan analisis regresi ganda. Variabel penelitian antara lain : variabel bebas (X1) Nilai Ujian Nasional (NUN) SLTP, (X2 ) Motivasi memilih jurusan akuntansi dan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar akuntansi siswa. Populasi dan sampeldalam penelitian ini adalah siswa jurusan akuntansi di SMK Kepanjen Malang yang berjumlah 200 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui pengaruh Nilai Ujian Nasional (NUN) SLTP terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa di SMK Kepanjen Malang, (2) Mengetahui pengaruh Motivasi memilih jurusan akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa di SMK Kepanjen Malang, dan (3) Mengetahui pengaruh Nilai Ujian Nasional (NUN) SLTP dan Motivasi memilih jurusan akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa di SMK Kepanjen Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada beberapa pihak Yaitu : 1) Bagi siswa yang mempunyai nilai ujian nasional yang rendah diharuskan mengikuti pelajaran tambahan baik di sekolah maupun diluar sekolah; 2) Bagi siswa yang mempunyai motivasi memilih jurusan yang tinggi dan prestasi yang baik diupayakan agar mempertahankan prestasi belajarnya, dan sebaliknya yang memiliki motivasi yang rendah harus meningkatkan motivasi belajarnya; 3) Bagi orang tua hendaknya juga turut aktif memberikan motivasi siswa dalam menentukan jurusan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa agar prestasi belajar yang dicapai memuaskan; 4) Peneliti menyadari dalam penelitian ini masih ada banyak kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk itu diharapkan ada peneliti lain yang dapat mengembangkan penelitian ini dengan melihat variabel yang berbeda, misal: minat, keterampilan guru mengelola kelas.