KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) KABUPATEN MALANG

Main Author: FABELLA KHUMAIRA; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Akun/article/view/41932
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Khumaira, Fabella. 2015. Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Program Studi Diploma-III Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Puji Handayati, S.E, M.M., Ak. CA, C.MA. Kata Kunci: Pajak Reklame, Kontribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah Pajak Reklame sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah, mempunyai potensi yang baik dan bisa dianandalkan sebagai sumber penerimaan yang dapat memperkuat posisi keuangan daerah dengan melihat Laporan Pendapatan Asli Daerah pada tiap tahunnya. Perkembangan ekonomi yang semakin baik sekarang ini juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan pajak reklame. Terbukti untuk memajukan usaha para pengusaha agar menarik pasar adalah menempuh jalan dengan memasang reklame. Karena atas usaha tersebut maka pemerintah mendapat pemasukan yaitu berupa tarif pajak reklame atas pemasangan reklmae baik yang bersifat tetap maupun insidentil. Pendapatan asli daerah yang berupa pajak reklame setiap tahunnya menunjukkan perolehan penerimaan yang berbeda, maka dari itu perlu dilakukannya analisa: (1) Perolehan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang, (2) Kontribusi Pajak Reklame terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah selama tahun anggaran 2009 s/d 2014. Metode yang digunakan untuk pemecahan masalah ini adalah dengan membandingkan kontribusi dari pajak reklame sehubungan dengan peningkatan pendapatan asli daerah Kabupaten Malang tahun anggaran 2009 s/d 2014. Hasil penulisan ini adalah: (1) perolehan PAD Kabupaten Malang selama tahun anggaran 2009 s/d 2014 secara keseluruhan dapat memenuhi target yang ditetapkan dengan prosentase 120,9% per tahun, (2) Kontribusi Pajak Reklame terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang selama tahun anggaran 209 s/d 2014 adalah sebesar 1,2% Dari uraian diatas dapat disarankan: (1) agar pihak yang bersangkutan khususnya Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang harus tetap berupaya meningkatkan penerimaan perolehannya, (2) untuk lenih meningkatkan kinerjanya dan dapat memberi kemudahan dalam prosedur administrasi agar wajib pajak tidak kesulitan dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak, perlu juga untuk lebih meningkatkan dan menggali potensi pajak reklame.